Rabu, 14 Juli 2010

Welcome 318i E30 M40


Selamat Datang ini adalah Posting pertama saya... Saya ingin menulis tentang BMW 318i E30 M40.

Sebelum mengenal BMW 318i E 30 M 40 ini saya sangat "fanatik" sekali terhadap produk mobil negeri "Samurai Biru" dengan strikernya "Honda" saya rasakan tunggangan yang nyaman, aselerasi, handlling dan tampilan yang tidak dimakan oleh jaman.

Pada awal tahun 2009 saya sedikit mempelajari tentang BMW dan akhirnya jatuh pilihan untuk mendalami BMW 318i E 30 (karena mampunya cuma beli yang ini), baiklah akan sedikit (banyak juga ok) kita ulas tentang tunggangan "Bavarian" ini.

BMW E30 adalah mobil yang diproduksi oleh BMW Jerman, seri mobil ini adalah penerus dari generasi sebelumnya yaitu BMW E21 tahun 1982-1983 dan digantikan oleh BMW E36 pada tahun 1990, tetapi BMW terus memproduksi E30 sampai dengan tahun 1993 (untuk pasaran Eropa) dan untuk tipe touring tetap diproduksi sampai dengan tahun 1994.

Produksi mobil ini karena dipicu oleh rumor akan hadirnya "baby mercedes" produksi pabrikan pesaing utama asal Jerman ini yaitu Mercedes Benz. BMW dengan type body E 30 ini di Indonesia lebih dikenal dengan type mesin M10 dan M40, tetapi secara keseluruhan BMW mengeluarkan beberapa varian yaitu :
  • M10, M40 dan M42 dengan mesin 4 silinder
  • M20 dan M21 dengan mesin 6 silinder
BMW juga mengeluarkan bahan bakar bensin dan bahan bakar Diesel, umumnya di Indonesia menggunakan bahan bakar bensin.

Sekarang kita ulas lebih detail tentang BMW 318i E30 M40. Mobil ini menggunakan mesin M40, 4 silinder dengan Bosch fuel injection yang mampu menghasilkan tenaga 115hp (86 kW) dan sanggup mencapai kecepatan 60 mil/jam dalam waktu 11,6 detik. Dengan penggerak roda belakang dan transmisi manual 5-speed, aluminum wheel produksi Pabrikan Bavarian ini ringan dan juga sangat kuat, jadi tidak mengherankan jika handling dan top speed mobil ini sangat..sangat bagus dan nyaman. Untuk interior mobil ini juga tidak kalah untuk ukuran mobil 1.800cc dan produksi tahun 1989-1991, karena interior mobil ini membuat penumpang di dalamnya merasa aman dan nyaman, baik untuk penumpang dan pengemudi.

Pertama kali saya memiliki mobil ini, banyak sekali opini salah tentang mobil ini :
  1. Tarikan payah ---> memang untuk aselerasi mobil ini masih kalah dengan jepang (dengan tahun produksi dan cc sama), tapi untuk top speed dan handling, jangan ditanya lah...
  2. Boros ---> Relatif kita membandingkan mobil ini dengan apa..? tapi menurut pengalaman saya untuk dalam kota 1/8 lt sedangkan untuk luar kota 1/10-11 lt.
  3. Mudah panas --- > memang pertama kali melihat temperatur mobil ini bikin kita deg2an, tapi setelah itu Temp meter akan stabil. jadi tidak perlu khawatir akan over heat jika semua peralatan dalam kondisi normal.
  4. Electric short ---> mobil ini adalah produksi Jerman (eropa) yang benar2 mementingkan kualitas, keamanan dan kenyaman mana mungkin bisa short. Jadi jika kita melihat dapur mesin ini terlihat sekali designnya benar2 diperhitungkan. Kesalahan yang sering terjadi adalah terkadang kita servis sekedarnya sehingga tidak mengikuti cara pemikiran dari designer pabrikan.
  5. Spare Part sulit dan mahal --- > untuk yang satu ini kita benar2 harus mencari bengkel dan mekanik yang representatif, karena jika tidak kita akan sering kena copet :). Terbukti selama ini semua bisa saya dapatkan dan jika dihitung-hitung bisa2 lebih murah dari mobil jepang. Ingat bro,,, mobil ini diproduksi di seluruh dunia, dengan type yang standart, diseluruh dunia namanya 318i ya sama, coba pabrikan dari jepang tiap negara bisa2 beda type dan nama. Dan apa yang bikin spare part BMW "mahal" karena untuk pabrikan yang satu ini jarang sekali ada spare part yang KW1 / KW2, meskipun bukan original jerman tapi tetap dari pabrikan eropa, beda dengan mobil jepang yang di indonesia banyak sekali tiruannya.
Jadi menurut pandangan saya, apa yang membuat penilaian mobil di Indonesia menjadi berubah...? karena banyak sekali saudara kita yang jual-beli mobil sehingga opini publik bisa terbentuk dari komunitas ini. Mobil yang kualitasnya tidak begitu bagus tapi banyak orang suka harganya bisa selangit, beda dengan 318i ini harganya terjangkau banget bro...

Saya rasa hanya ini yang bisa saya tulis di posting pertama saya, semoga bermanfaat dan jika ada saudara2 yang membaca dan ada yang salah, mohon kiranya diberikan pencerahan kepada yang lainnya.


Referensi : wikipedia encyclopedia

20 komentar:

  1. Mobil saya BMW 318i M40 tahun 1989, kemarin bumper belakan ditabrak Angkot, tolong informasi Mas, dimana bisa beli spare body part - nya dan kira-2 harganya berapa ya ? terima kasih.

    BalasHapus
  2. maaf bos baru balas, ini maksudnya mau beli bumper baru...? atau gimana...? posisi dimana boss, untuk harga tergantung, masalahnya udah jarang barang yang baru.

    BalasHapus
  3. broo.. mau tanya dong.. apa bedanya bmw e30 tahun 89,90 sama 91? ada yang nawarin ane e30 tahun 91 tapi ga aa fog lamp, sedangkan setau ane klo tahun 91 udah mulai pake tweeter sama fog lamp... mohon bantuannya bro2 skalian, thx..

    BalasHapus
  4. mobil saya BMW 318i M40 tahun 1988,tp mau over houl mesin, kira kira ada referensi untuk pembilan part ama ECU yg dicolong maling?

    BalasHapus
  5. secara spesifikasi sama bro, dengan type body E30 dan type engine M-40. Hanya body aja yang terlihat beda. Untuk E-30 Tahun 91 ada type yang nggak ada fog lamp, tapi yang jelas harus ada tweeter di dalam sisi spion, itu baru E-30 M-40 Tahun 91, tweeter nggak bisa dicuri bro...

    BalasHapus
  6. permisi gan, mau tw info dikit :
    - kenapa 318i e30 m10 b7 saya keluar air dari bawah mesin (posisinya dibawah jdi agak sulit liat) setelah diberi aircoolant, seperti bocor terus
    - kalau mau beli kaca depan dimana ya? (kena benturan jadi retak)
    terima kasih infonya

    BalasHapus
  7. 1.bocor itu kemungkinan connector dari radiator ke mesin bocor boss.
    2.posisi dimana boss ? kalau di bengkel surabaya ada untuk kaca depan, monggo mampir ke bengkel !!!

    BalasHapus
  8. permisi gan... gue baru2 ini beli mobil BMW 318i thn.86.. nah maslahnya pas gue udah beli tu radiator minta di isi air tiap hari, ada ngak yg jual radiator bekas tp kondisi mash bagus...thnk,s atas info...lokasi Palangkaraya kalteng ini no Hp.081251042828 Bro BANDI

    BalasHapus
  9. Salam kenal Gan
    Ada tips ga untuk sedikit meringankan kopling BMw M40 yang agak berat
    tks sebelumnya

    BalasHapus
  10. Halo MasBro Handy ...

    Kebetulan saya pengguna Bimmer 318i E30 M40 thn 91 dan baru dapat/beli-nya ....

    Saya pengen share mengenai kelemahan mobil ini dan cara penanganannya ...

    Apakah blog ini masih aktif ... ???
    Btw saya tinggal di Surabaya

    Terima kasih

    BalasHapus
  11. Halo mas bro golan, Mobil ini designnya sudah handal. Yang penting jangan lupa ganti oli cek air radiator. untuk engine biasanya yang sering airflow dan idle valve. untuk lainnya asyik2 aja bro.

    BalasHapus
  12. pagi gan... aku pingin tahu beda mesin M10 dengan M40 gimana cara mengetahui perbedaan tersebut, bmw aku tahun 1988 bmw 318i.... pingin tahu mesin yang aku pake M10 ato m40... tengyu gan..... nono

    BalasHapus
  13. gimana caranya melihat mesin mobil saya tipe m-10 atau m-40 ??

    BalasHapus
  14. saya tambahkan sedikit yg saya tahu tentang mesin bmw e30..
    yang paling mendasar beda mesin m10 dan m40 yaitu pada sistem TIMING nya..
    kalo M10 pake timing chain..
    kalo m40 pake timing belt..
    sekian...

    BalasHapus
  15. mas bro aq punya bmw M30 thn 90 n gak ada fog lamp. kira2 di sby dmn ya carinya?
    atau adakah variasinya
    thanks bro....
    mohon infonya

    BalasHapus
  16. Permisi momod,saya baru angkat bmw 318i e30 m40 thn 89 akhir, ternyata perot depan nya sudah kena,dan box sekring juga kendor..
    Mhn info untuk beli part perrot,box sekring ,sama rpm di spido ??trims atau ada rekomendasi bengkel di jakarta,khususnya selatan dan depok

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk jakarta coba aja search di Facebook Garasi BMW Jakarta, silahkan deh hunting part ke mereka...

      Hapus
  17. Malam gan, saya mau nanya. Saya rencana mau beli tunggangan BMW 318i M40 th 91an lah. Yang saya tanyakan apa aja yang harus dicek ketika membeli BMW 318i M40. Maaf buta mesin BMW. Bisa maen2 ke bengkel gak gan.. Sekalian silahturahmi... trims banget gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam boss, jika agan mau beli bmw M40 yang harus dicek untuk mesin adalah kondisi idle up dan air flow, cara ceknya jika idle up RPM tidak mau stabil atau stasioner jika switch ac dinyalakan rpm akan naik turun, cek air flow jika digas akan terasa seperti mau batuk. jika ragu bisa mampir ke bengkel dan ajak temen2 bengkel untuk cek mobil. Silahkan gan kalau mau mampir ke Bengkel...

      Hapus